Pages

Subscribe:

About

Sabtu, 11 Februari 2012

Ragam ( Pantai Sukomade )


PANTAI SUKAMADE


Pantai sukamade adalah sebuah daerah konservasi  untuk penyu langka yang berjarak kira-kira 297 km ke arah barat daya kota banyuwangi, bulan November hingga maret adalah musim penyu bertelur. Penyu betina biasanya mulai mendarat di pantai jam 07.00 malam kemudian bertelur hingga ratusan yang diletakkan di dalam pasir di pantai, dan kemudian ke  laut pada jam 12.00 malam.




Pantai Sukamade merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Meru Betiri dan merupakan zona pemanfaatan intensif untuk pengamatan telur penyu dan pelepasan tukik. Di pantai ini pengunjung dapat menyaksikan secara langsung saat penyu bertelur.
Juga, wisatawan dapat turut aktif dalam usaha konservasi penyu dengan mengikuti kegiatan pelepasan tukik ke laut setelah ditetaskan pada penetasan semi alami.
Bagi mereka yang mencari suasana pantai yang masih asri dan alami, pantai Sukamadebisa menjadi salah satu alternatif untuk dikunjungi. Pantai yang terletak dikawasan taman nasional Meru Betiri ini termasuk dalam deretan pantai selatan sehingga tidak heran bila ombaknya bisa dimanfaatkan untuk berselancar.
Obyek wisata lain yang ada di Pantai sukamade adalah Hutan mangrove yang terletak di muara timur Pantai Sukamade. Sungai di sekitar mangrove bisa dimanfaatkan untuk cano sambil melakukan pengamatan burung.


0 komentar:

Posting Komentar